Kanker payudara adalah penyakit yang paling ditakuti wanita setelah kanker serviks. American Cancer Society pada tahun 2012 merilis angka kematian wanita akibat kanker payudara sebesar 226.870 kasus. Namun jangan salah, kanker ini tak hanya dapat menyerang wanita. Pria pun juga bisa terkena kanker payudara meski prosentase dan probabilitinya lebih kecil dari wanita.

Kanker Payudara

Berbagai studi tentang kanker payudara terus dilakukan para ahli guna mencari pengobatan dan pencegahan yang tepat. Salah satu metode pencegahan yang saat ini paling banyak dianjurkan untuk diterapkan adalah menghindari makanan pemicu Kanker payudara. Makanan memang faktor utama munculnya dan hilangnya suatu penyakit dalam tubuh. Kita seringkali tak sadar bahwa makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata dapat menjadi pemicu terbesar terjadinya kanker payudara. Oleh karena itu, sebelum semua terlambat dan kanker telanjur merajalela, tak ada salahnya mulai sekarang kita lebih mengetahui dan menerapkan anjuran pola makan sehat guna menghindari kanker payudara. Lantas, apa saja makanan pemicu kanker payudara yang sebaiknya dihindari? Simak daftarnya di bawah ini.

 

1. Daging Olahan

Daging olahan mengandung pengawet buatan yang bila terlalu sering dikonsumsi apalagi dalam jangka panjang akan memicu tumbuhnya sel kanker. Padahal, banyak dari kita yang sering mengkonsumsinya sehari-hari karena praktis dan lezat. Ada baiknya mulai sekarang hindari aneka daging olahan di bawah ini;

  1. Daging babi (bacon), sapi, ayam dan kalkun asap
  2. Sosis
  3. Ham
  4. Hot dog

2. Daging Merah

Tak hanya daging olahan yang berbahaya bagi tubuh, ternyata daging merah yang selama ini kerap dirujuk sebagai makanan sehat juga dapat menjadi makanan pemicu kanker. Penelitian dari Harvest Medical School menyebutkan bahwa konsumsi daging merah seperti daging babi, sapi dan kambing dapat meningkatkan perkembangan kanker usus.

3. Alkohol

Alkohol memang bukan makanan, namun saat ini banyak olahan makanan yang dicampur alkohol sebagai penguat rasa. Sebuah studi di Amerika menyebutkan bahwa alkohol adalah pemicu kanker terbesar kedua setelah tembakau. Wanita yang mengkonsumsi 200 cc alkohol perhari memiliki resiko mengidap kanker payudara 30 persen lebih besar daripada mereka yang tidak.

4. Kentang Goreng

Anda mungkin shock karena kentang goreng sepertinya adalah makanan favorit setiap orang dan sering dikonsumsi sehari-hari. Namun faktanya, kentang goreng mengandung akrilamida (suatu zat karsinogenik yang akan terbentuk pada makanan yang diolah pada suhu tinggi) yang meningkatkan resiko tidak hanya kanker payudara, namun juga berbagai macam kanker lain pada tubuh manusia. Bila Anda ingin tetap mengkonsumsi kentang, mengukusnya atau mencampurnya dalam adonan sayur sup akan jauh lebih menyehatkan.


5. Popcorn

Popcorn adalah cemilan favorit yang banyak dikudap orang saat menonton film atau saat menikmati suasana santai bersama keluarga dan teman. Namun hati-hati, kebanyakan popcorn dibuat dengan menggunakan microave dimana lapisan bahan kimia pada microwave yang membuat makanan renyah dan segar terbukti dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kerusakan paru-paru, kanker payudara, kanker hati, dan infertilitas. Masaklah popcorn secara manual dengan panci meski rasanya tentu tidak akan selezat dengan dimasak memakai microwave.

6. Gula Halus

Gula halus amat sering dikonsumsi sehari-hari dalam aneka makanan seperti kue, roti, pie, sereal, tumisan sayur, sup belum lagi dalam teh, jus dan kopi yang Anda minum sehari-hari. Gula halus ternyata akan membuat lonjakan insulin pada tubuh yang memicu tumbuhnya sel kanker jauh lebih cepat. Ganti gula halus Anda dengan madu untuk lebih sehatnya.

7. Buah yang Terpapar Pestisida

Buah memang makanan sehat dan penuh nutrisi yang nyaris tidak memiliki kandungan zat negatif bagi tubuh. Namun dewasa ini, buah-buahan ditanam dengan metode yang berbahaya seperti disemprot pestisida agar tidak diserang hama dan mudah busuk. Pestisida yang terkontaminasi pada buah-buahan jika dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh tentu akan membuat sel-sel kanker terpacu untuk tumbuh. Pastikan Anda jeli memilih dan mencuci buah dengan baik sebelum mengkonsumsinya.

8. Salmon Peternakan

Ikan salmon adalah ikan favorit bagi banyak ibu-ibu yang sedang pada masa mengenalkan makanan sehat pada anak-anaknya. Memang wajar karena salmon banyak mengandung protein dan omega 3 yang tinggi melebihi ikan lainnya, Namun, itu hanya ditemukan pada salmon yang hidup liar di lautan lepas. Seiring maraknya permintaan ikan salmon di pasaran membuat produsen memilih jalan peternakan salmon sebagai sarana pemenuhan permintaan konsumen. Salmon yang dibiakkan di peternakan ditemukan memiliki 30 kali kutu laut lebih banyak dan menyebabkan tingginya kadar merkuri, dioxin dan PCB di dalamnya. Belillah ikan salmon yang memiliki label khusus bahwa itu adalah salmon liar yang berasal dari lautan lepas.

9. Tomat Kaleng

Tomat kaleng banyak tersedia dalam bentuk saus, pasta maupun manisan. Mulai sekarang berhentilah membeli tomat dalam kaleng karena lapisan dalam kaleng umumnya memakai bahan kimia bisphenol-A yang beracun bagi tubuh dan mempercepat timbulnya sel kanker. Sebaiknya, belilah tomat segar atau olahan tomat yang dikemas dalam botol kaca.


10. Minyak Goreng

Sehari-hari, kita sulit lepas dari penggunaan minyak goreng karena kebanyakan olahan makanan yang lezat adalah makanan yang digoreng. Padahal, minyak goreng  bisa jadi bumerang bagi tubuh manusia karena dapat mengubah struktur membran sel dalam tubuh dan memicu penimbunan lemak yang dapat berakibat penyakit fatal seperti kanker dan jantung koroner. Gantilah minyak goreng Anda dengan minyak kelapa atau minyak zaitun yang kadar glikemiksnya rendah dan tentu lebih aman bagi tubuh.

11. Makanan yang Dibakar/Dipanggang

Zat karsinogen terbentuk saat makanan diolah dengan cara dibakar atau dipanggang dalam waktu lama dan berwarna agak hitam gosong. Celakanya, makanan seperti ini justru sangat digemari seperti pada ayam bakar, ikan bakar, sate, dan masih banyak yang lain. Karsinogen akan bersenyawa dalam sel tubuh dan memicu pertumbuhan kanker 2 kali lipat lebih cepat.

12. Kerupuk dan Keripik

Apakah Anda termasuk orang yang susah jauh dari kerupuk saat makan dan keripik saat menonton televisi? Waspadalah, mengkonsumsi makanan yang garing renyah seperti itu tidak membawa nutrisi sama sekali bagi tubuh. Kerupuk dan keripik diolah dalam suhu tinggi hingga terbentuk zat karsinogen dan banyak mengandung lemak trans dan kadar garam yang tinggi. Komplet sudah rentetan penyakit berbahaya yang dapat timbul seperti jantung koroner, kerusakan hati, gagal ginjal, obesitas, dan kanker. Bila masih sulit menghindarinya, konsumsilah sesekali saja dan usahakan tidak dalam porsi yang berlebihan.

Itulah daftar makanan pemicu kanker payudara yang mungkin tanpa sadar sangat sering kita konsumsi sehari-hari. Mulai dari sekarang, jelilah dan selalu berhati-hati dalam membeli, mengolah dan menyantap makanan yang Anda konsumsi. Selain faktor makanan, kanker payudara juga dapat dihindari dengan menerapkan gaya hidup sehat dan olahraga teratur setiap hari agar sel-sel tubuh senantiasa beregenerasi dan meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh Anda.